Sunday, 10 March 2013

Pancasila Semua



Bingung dengan ideologi partai di Indonesia. Mengenang masa politik kemerdekaan, ada beragam partai dengan ideologi sendiri. Ada PKI Komunis, PNI Nasionalis, PSI Sosialis, SI Islamis. Kita sebagai rakyat dapat dengan jelas mengetahui agenda masing-masing partai. Maksudnya, tiap partai menawarkan sesuatu yang jelas. Jadi tahu apa yang mereka tawarkan.

Politik kontemporer Indonesia tidak jelas. Kita tidak tahu ideologi suatu partai karena semua resmi sebagai Pancasila. Kita tidak tahu agenda seorang kader berpolitik. Bahkan banyak kader dengan mudahnya pindah ke partai lain. Banyak calon pejabat menjual visi yang tak jelas. Terbukti pemilih di suatu pemilihan umum banyak yang tidak tahu program calon yang dipilih. Sekalipun berjanji, yang belum tentu ditepati, terkesan kabur. Seandainya ada yang mengungkit saat sudah terpilih bisa dengan mudahnya berdalih.

Jika memang Pancasila ya niatkan Pancasila. Menghormati hak beragama, Menjunjung tinggi meritokratis dan masyarakat beradab dan madani, Menjaga persatuan nasional, Menyelesaikan masalah dengan tidak menguntungkan sepihak, Memberikan keadilan sosial bagi seluruh rakyat yang disamakan.

Jadi tidak ada yang namanya partai menjelekkan agama. Tidak ada yang menggunakan taktik kotor apalagi merangkul preman segala. Tidak ada yang mengedepankan suatu suku apalagi ras, semua sama sebagai Bangsa Indonesia. Tidak ada yang maunya menguntungkan partai saja. Tidak ada yang mementingkan agenda kelompok tertentu.

Masyarakat sudah pintar. Sudah saatnya dunia politik ber-renaissance. Berikan janji solid dan berdasar fakta, bukan hanya bermain dengan kata akan dan nanti. Keterangan agenda partai perlu lebih jelas. Partai juga harus berani dalam menegaskan ideologi dengan jelas. sekali lagi, masyarakat sudah pintar.

No comments:

Post a Comment