Friday, 17 May 2013

Bigsoundfest: Dari Belajar Kerasnya Jakarta Hingga Damon Yang Menoleh


Sekedar info, saya gak punya akses apa-apa ya. Kalo dari press resmi mungkin bisa foto bareng kali. Iri sekali..

Pukul 6.30 Seperti Biasa, saya berangkat ke sekolah. Sekolah dan Sekolah. Ceritanya pukul 10.00, saya dapat ilham. Lihat status seorang kawan soal Blur dan tanya itu baru mendarat, mainnya kapan. Lalu dia bilang hari ini. Panik. Lah kirain kapan!  Langsunglah tanya panjang lebar dan dapet konklusi tiket masih bejibun dan mainnya malem. Oke..

Pukul 01.00 Akhirnya, saya FIX nonton. Dan ya, gak ada persiapan sama sekali lah boro-boro tiket aja niatan OTS. Langsunglah ke Day Trans dan berangkatnya jam 02.30 sementara lah itu saya pulang sekolah aja jam 02.00. Akhirnya memutuskan mending pulang dulu persiapan di rumah.

Pukul 02.30 sampe di rumah. Berhubung setahu saya bapak ngerti soal travel, saya telponlah dulu. Katanya City Trans itu setiap 30 menit jalan. Saya mau ambil 04.00. Santailah. Persiapan segala macem dan rencananya mau plus menginap sehari di Jakarta. Tak lupa bawa semua kaset Blur lengkap beserta walkmannya. Setelah semua siap, berangkatlah.

Saya keluar rumah pukul 15.30 naik ojek ke travelnya. Sesampainya langsung pesan ke senayan yang jam 4, ternyata gak ada. Seinget saya, kira-kira 8 bulan yang lalu terkahir saya naik city trans ada tujuan senayan. Terus ternyata ada SCBD, oh dekatlah tak apa.

Pukul 16.00, Berangkat ke Jakarta. Perjalanan lancar aja, syukurnya. Yah sekedar macet biasa sana-sini. Untungnya ada walkman. Sambil menghafal lirik Blur persiapan haji nanti.

Sampe kira-kira Jam 19.00 langsung naik ojek (btw motornya kymco utuh dan bajunya rapi, jakarta yak), Dan saya bilang Istora pak. Di jalan abis muter dari semanggi ke arah senayan, sempet kayak keserempet dan teringat game ps yang dulu sering dimainkan, Lah ditengah jalan maen tendang-tendangan dengan pengendara motor lain. Heck, gak ngerti saya.

Turunlah di Istora.. Kok Kosong? HP berdering telpon dari seorang kawan yang udah nyampe duluan. Lu dimane? udah nunggu dari tadi. ngobrollah. Pikir saya, oh Tenis Indoor mungkin kan The Kooks kemaren disana. Berhubung gak ada ojek sekitar sana, saya jalan dari Istora ke Tenis Indoor. Sesampainya loh kok di sekitar banyak orang pake jas. Pas udah di depan, silahkan masuk mas, kata seorang berjas yang jaga di pintu. Lah apaan coba. Cult? MLM? bener aja, kata mas tukang tahu gejrot ternyata iniseminar MLM. Dan saya pake raglan Blur dari @ObscuraID. Akhirnya tanya ojek dimana dan katanya sama dia saja. Kali ini benerlah sampai di Lokasi, Lap. D Senayan.
1368679223200468868
Suasana Diluar
Sesampainya, Saya langsung telp. Kawan bilang beli saja via calo, toh dia dan temannya begitu. Oke saya lantas menghampiri seorang calo. Saya beli reguler karena waktu itu lupa tanya teman pada dimana. Singkatnya langsung dipasang gelang dan diantar untuk masuk. Pas checkpoint pertama, “Ini beli dimana mas?” Kok nempelnya gak rapi, Diomonginlah. Pas saya tengok si mas yang tadi anter saya ke gerbang, lah gak ada. Mampuslah. Ludes tuh tiket 500rb. Akhirnya keliling nyisirin area luar, di sepanjang jalan rupanya banyak juga yang kena, beberapa sampe lapor polisi, ada yang nangis-nangis segala. Adapula 2 calo berantem, katanya gara-gara rebutan tiket.

Ngobrol sama salah satu grup yang kena calo tipu-tipu. “Kita ludes VIP 2 Reguler 3″ Kata salah seorang, “Tapi akhirnya ketemu dan dia mau tanggung jawab. Ini kita lagi di handle” tambahnya. Lalu saya ngobrol sekilas dengan calo mereka “cari aja terus. Sayang aje kan lu abis berape tuh tiket”. Pas nyampe rada jauh, Nah itu dia! Ada si calo! saya samperin kan, tanya bijimana nih tiketnya gak fungsi. Daan salah orang. Kemejanya sama. Langsung marah-marah dah tuh calo, ngajak berantem pula. Lah ntar saya balik ke Bandung bonyok kan gak lucu juga. Ngacir langsung sambil maap-maap. Terus dalem hati mikir lagi, itu orang berasa persis yang tadi. Sumpeh dah mirip sekali. Ah ya sudahlah. Akhirnya balik ke gerombolan mahasiswa kena tipu tadi. Ternyata masih belum masuk juga mereka. Dan ternyata lagi 2 dari mereka, spesifiknya yang beli VIP, kasusnya sama dengan saya, si calonya udah entah kemana. Sedih gitu kan. Ya secara sesama korban taulah.
Saya? laah kalo sekarang depresi sendiri mau pulang gimana, Jakarta pula. Sempet pasrah kan akhirnya. Pas cek saku bokong eh ada duitGodsend bener memang. Yah yang penting ada buat baliklah, akhirnya saya memutuskan beli lagi, reguler, walaupun ada sms ternyata teman-teman pada di VIP. Ah ya sudahlah.

Daan saya berhasil masuk. Berhubung gak boleh bawa SLR tadi, saya bawa ditas, tapi ya gak dikeluarin. Sesampainya didalem, ada photo booth nih. Mumpung kosong kan, entaran susah lagi penuh. Pas keluarin kamera eh dipanggil panitia. Kirain bakal diamankan, eh cuma dibilang masukin. Terus katanya udahnya boleh foto, oh ya sudahlah. Masuklah saya ke area.
1368680071717632363
Aturan inilah yang menyebabkan saya tidak punya foto LIVE. sama sekali
Di dalam sudah mulai rame, sewaktu saya masuk The Temper Trap tengah tampil di panggung utama. Sedang lagu Science Of Fear kalo gak salah. Masuklah saya  ke lautan audiences di sektor bagian reguler. Aksi Dougy Mandagi dkk disambut penonton dengan sangat meriah. Heboh jogetlah. Sing along rame-rame. Serulah.
13687945351149578275
Tampak stage dilihar dari section reguler
Penampilan The Temper Trap terus berlanjut dengan Ressurection. Selanjutnya disambung dengan The Drum Song. Dan Finally, Sweet Disposition. Makin larut dalam suasana. Semua kompak nyanyi bersama. Overall, Keren dan diluar dugaan crowd, entahlah area lain, disini kurang liar. Entahlah, mulai rada curiga nih. Btw lihat David Naif dengan anaknya, udah gede ya. Kawan saya ada yang bilang lihat personil The Changcuters. Tapi kalo dipikir ya wajarlah secara kurang musik apa mereka. IniBigsoundfest.

Dan yang ditunggu-tunggu. Blur. Ya, Blur. Di Senayan. Mimpi apa coba. Setelah penantian lama. Naik ke atas panggung. Set. Siap.

GIRLS AND BOYS!!!
Streets like a jungle/ So call the police/ Following the herd/ Down to greece

Woot! Heboh bener!
1368794615788277199
Mains Stage tampak dekat
Bener aja, RUSUH! Beuh sikut sana sikut sini, kaki saling injek. iPhone orang sebelah saya jatuh (sepanjang konser ada mungkin 3 kali). Entah 3-4 baris belakang saya ada yang ribut. Chaotic sekali. Mantaplah as expected. Dan mungkin alinea inilah yang paling cocok mendeskripsikan suasana sepanjang penampilan Blur. Penonton yang fantastis dan enerjik non-stop hentak kaki sepanjang konser. Sing along sekuat tenaga seakan mengeluarkan hasrat terpendam selama bertahun-tahun. Woot HEBOH!

Setelah 24 tahun, akhirnya kami bisa hadir di sini,” ujar Damon menyapa penonton.
Selanjutnya disambung There’s No Other Way gak kalah hebohnya. Woozah penonton kembali berliar ria. Lagu yang juga terdapat di Best Of ini sangat dikenal, otomatis penonton hapal lirik dan dapat menyanyikannya sepanjang lagu. Betapa kuatnya impresi yang saya dapat saat ikut larut menyanyi bersama ribuan orang di Lap. D Senayan ini.

“You have a good strong voice,” Kata Damon pada audiences yang sontak disambur meriah.

Dan Beetlebum! Widiih mimpi apa saya bisa dengar langsung. Di Indonesia, no less.

Beberapa lagu Epic setelahnya, sampailah pada Coffee & TV. Bloody ‘ell semalam yang lalu saya cuma bisa dengar lagu ini via kaset Blur- Best Of dengan Walkman bekas saya, sekarang tatap muka. Alunan gitar Coxon sukses membius penonton. Trims, Milky! Sudah menemani sejauh ini hingga akhirnya dapat bertemu langsung.
13687948701708016433
Promoter favorit kita bersama.. untuk malam itu
Dan empat lagu setelahnya, yang semua masuk Best Of sama hebohnya dengan lagu sebelumnya. Secara, Tender, Country House, Parklife, End Of A Century dimainkan secara berturut.

Pas Tender, dalem sekali. Kami terhanyut dalam perasaan ecstatic akan penantian panjang yang hari ini bisa tercapai. Sing-alongnya kena banget. Emosional lah. Dengan durasi yang lama makin menenggelamkan audiences dalam dahsyatnyaTender. Lampu biru yang syahdu semakin menghanyutkan suasana. Seakan semua saling menyayangi.
13687959721959629901
Tampak dari VIP A
Setelah terhanyut emosional dengan Tender, Audiences kembali dibagkitkan dengan lagu Country House dan parklife. Jingkrak-Jingkrak gak karuanlah. Bener-bener lepas seakan kerasukan. Dan hal paling keren, Damon turun panggung! Audiences VIP orgasme di tempat dan menggila. Absolutely fantastic.

Dan sampai pada This Is A Low, Lalu Blur mendadak Turun.
13687965221320765169
Suasana lapangan
Break. Eh gak sih, resminya udahan. Tapi ya macem di coachella, mana-mana lah, pasti ENCORE. Pasti. Jadi saya dan beberapa orang sekitar saya juga rada santai sambil teriak bersemangat “WE WANT MORE!”. Dan sejenak saya tersadar. Astaga, kawan-kawan di VIP semua dan sepanjang perform tadi saya sendiri. Emosional sekali, seakan kami jadi satu sepanjang pertunjukkan tadi. Mendadak sebelah ngajak ngobrol “sendiri mas?” “oh gak, tapi temen saya di VIP semua” “nyantelah bareng kita aja, sesama fans gak ada perbedaan iya gak hahaha” wuss bener kan. Bercanda ria sambil liat hasil video Arda, si pemimpin grup ramah ini. Mereka dari Jogja katanya, Maksain jauh-jauh kemari buat nonton Blur “Naik haji iya gak bro hahaha”.
1368797198365445227
Trio Ramah Dan Baik Hati
Anyway, Blur balik ke panggung! “3 lagi nih, semangat!” kata Arda.
Post-break langsung dibuka dengan Under The Westway! Penonton heboh saat damon cs naik ke lagi panggung.

Dan akhirnya sampai sudah di Song 2. Lagu yang seakan membawa audiences sejenak kembali ke masa sekolah. Bapak muda yang dari tadi adu sikut, more like saya yang di sikut karena posturnya yang superior, terlihat sangat, sangat menghayati dari awal hingga akhir. Tak ketinggalan anaknya yang sangat antusias digendong sang bapak sejak pertengahan konser. Entahlah soal hapal lagu. Yang jelas, anak ini telah mendapatkan pengalaman paling keren sejauh hidupnya.

“Thank you indonesia. You’re truly an inspiration…” Kata Damon sebelum akhirnya turun dari panggung.

Hell of a show. Tuntas sudah Ibadah Haji saya.
1368799217355825632
Mejeng dikit bersama kawan-kawan
Oh ya Damon menoleh, ceritanya saat saya ke tempat teman-teman berada di VIP A tepatnya, sembari mendekati panggung utama. Dan ternyata ada Damon! entahlah, mungkin ngambil sesuatu atau apalah. Menoleh ke arah saya dan tersenyum. Ya, Damon. Histerislah, saya panggil seorang teman. Dia bilang tukang kabel. Tukang kabel.
… Fuck it, bagi saya dia Damon.

WOHOOO WHEN I FEEL HEAVY METAL WOHOOO!

No comments:

Post a Comment