Monday, 10 June 2013

One Flew Over The Cuckoo's Nest (2010)




Adaptasi Milos Forman dari Novel 1975 karangan Ken Kesey, One Flew Over the Cuckoo's Nest, berhasil menunjukkan bahwa kecemerlangan subversif dan penderitaan yang serius dapat menghuni film yang sama. Ditayangkan setahun setelah Nixon mengundurkan diri, film ini sukses menangkap kultur semangat anti otoritas ala generasi 60s, namun juga menggambarkan bahwa revolusi membuahkan hasil yang tidak jauh berbeda dengan kontrasnya. 

Randle Mcmurphy (Nicholson) adalah seorang roughneck karismatik yang berhasil merekayasa untuk dipindahkan dari penjara federal (kala itu masih diberlakukan sistem penal labor) ke fasilitas kesehatan mental yang lebih nyaman. 

Mcmurphy bergabung dengan sebuah kelompok pasien psikiatrik dengan beragam masalah termasuk seorang kepala suku indian yang bisu dan tunarungu Bromden (Will Sampson), seorang remaja penakut Billy (Brad Dourif), dan lainnya. Kelompok ini di dominasi oleh Suster Mildred Ratched (Louise Fletcher) dengan bantuan suster muda Pilbow (Mimi Sarkisian) dan beberapa perawat afro-amerika yang kasar (dan ya, film ini tidak begitu baik dengan sentimen anti-rasial). Awalnya memang terlihat seperti aktivitas fasilitas mental sebagaimana layaknya. Namun, Mcmurphy mulai menyadari bahwa ada yang salah dibalik sikap pasien yang sangat penurut.

Suster Ratched telah menjadi archetype Amerika, Otoritas yang secara sempurna menggunakan kekuasaannya untuk kehendak pribadi. Dan film ini tidak menawarkan contoh kontras lain semisal mungkin tindakan opresif Suster Ratched merupakan efek dari menangani beragam kasus buruk di fasilitas tersebut. Diluar simbolisme sosial dan politik yang jelas, Suster Ratched dapat diartikan sebagai peringatan atas penyalahgunaan kekuasaan profesional (Tentu masih segar di benak kita apa yang terjadi dengan para pekerja budak di tangerang). Namun memang tokoh suster Ratched tidak dapat dipisahkan dari pandangan reaksioner terhadap wanita yang kala itu masih umum berlaku: Seorang figur ibu yang anti sex, Wanita lemah seperti suster Pilbow, dan -best case scenario- Gadis mudah seperti teman wanita Mcmurphy (Marya Small) dengan nama Candy.

Sebuah film menakjubkan yang realis, film ini berefleksi tentang hakikat manusia di tengah kebebasan semu demokrasi Amerika di era Nixon.


- 2010

No comments:

Post a Comment